5 Manfaat Bawang Putih Yang Begitu Menakjubkan!

692

Sebagai ibu rumah tangga, tentu saja kita sudah tidak asing lagi dengan salah satu jenis bumbu yang bernama bawang putih. Bahkan, tak sulit bagi kita untuk menjumpai keberadaan bawang putih ini baik di pasar tradisional maupun pasar modern. Baunya yang khas dan kuat, tentunya dapat mempertajam aroma serta cita rasa pada sebuah makanan. Tapi sayangnya, tak banyak dari masyarakat kita yang mengetahui akan manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh. Lalu, manfaat seperti apa sajakah yang dihasilkan dari bawang putih tersebut? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini:

1. Menjaga Kesehatan Otak

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa otak merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Apabila kesehatan otak terganggu, tentunya akan berdampak buruk juga pada tingkat kemampuan otak. Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi kamu untuk mengkonsumsi bawang putih secara rutin dan teratur. Mengapa demikian? Pasalnya, bawang putih ini memiliki kandungan S-allylL-cysteine (SAC) dan antioksidan yang bertugas untuk melindungi otak dari berbagai kerusakan kognitif. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, bawang putih ini juga dapat mengurangi penumpukan plak dan zat berbahaya pada system saraf pusat.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat yang menakjubkan dari bawang putih berikutnya, yakni dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Ya, hal itu dikarenakan kandungan polisufida pada bawang putih, yang berfungsi untuk melebarkan serta membuka pembuluh darah agar tidak terjadi tekanan yang terlalu besar.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Selain dapat menurunkan tekanan darah tinggi, mengkonsumsi bawang putih mentah juga sudah terbukti efektif dalam menurunkan kolesterol jahat lho. Menurut informasi yang didapat, mengkonsumsi bawang putih mentah sebanyak 10 gram per harinya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dengan jumlah yang cukup banyak lho.

4. Mengatasi Rambut Rontok

Kerontokkan rambut ini bisa disebabkan karena beberapa faktor seperti usia, paparan sinar UV, penggunaan produk conditioner yang tidak cocok, hingga jarang berkeramas. Namun kalian tidak perlu khawatir, karena masalah rambut rontok ini dapat diatasi dengan pasta bawang putih. Adapun mengenai cara kerjanya sebagai berikut => Sediakan 1 siung bawang putih, kupas kulitnya, kemudian tumbuk sampai halus. Tambahkan dengan sedikit air, lalu aduk-aduk hingga teksturnya mengental seperti pasta. Oleskan pasta bawang putih tersebut pada kulit kepala secara merata sambil dipijat-pijat perlahan, lalu tutup kepalamu dengan cup shower, dan diamkan kurang lebih selama 30 menitan. Setelah demikian, segera bilas kembali kepalamu dengan air dan shampoo sampai bersih.

5. Mengatasi Masalah Jerawat

Sama halnya dengan masalah rambut rontok, masalah jerawat juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti paparan polusi, penggunaan kosmetik yang tidak cocok, kadar minyak berlebihan, dan lain sebagainya. Kita langsung saja ke caranya sebagai berikut => sediakan 1 siung bawang putih, kupas kulitnya, lalu tumbuk sampai hancur. Oleskan tepat pada bagian jerawatnya, tunggu kurang lebih selama 25 menit, kemudian bilas lagi wajahmu dengan air hangat sampai bersih. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan masker ini setiap malam sebelum tidur.

Itulah 5 manfaat bawang putih yang begitu menakjubkan untuk kesehatan tubuh. Setelah mengetahuinya, apakah kalian tertarik untuk mencoba khasiat dari bawang putih tersebut?

Leave A Reply

Your email address will not be published.