Wilder Penfield, Sang Maestro Bedah Saraf


Bagi dunia kedokteran, Wilder penfield mungkin sudah tidak asing lagi. Sosok yang terlahir sebagai orang Kanada ini adalah seorang ahli bedah saraf. Karena keahliannya inilah dia dijuluki "Orang Kanada Paling Hebat".

Sosok brilian ini mengenalkan sebuah perawatan medis dengan nama Montreal Procedure bersama rekannya Herbert jasper pada tahun 1950. Montrela Procedure adalah perawatan bagi pasien yang mempunyai kondisi kejang otak. Cara kerjanya adalah dengan mengahncurkan sel saraf yag bermasalah dengan menariknya dengan aliran listrik dengan kondisi pasien yang masih sadarkan diri.
Wilder Penfield, Sang Maestro Bedah Saraf

Meski dijuluki dengan Orang Kanada paling hebat, nyatanya Drv Wilder Penfield terlahir sebagai orang Amerika Serikat. Setelah menyelesaikan studi kedokterannya, dia menetap di Kanda dan menjadi ahli saraf di Montreal. Di tahun 1934 dia resmi menjadi orang Kanada. Di Kanada, beliau mendirikan Institut Neurologis Montreal.

Dr. Pendfield menghabiskan hidupnya dengan dunia bedah saraf. Namun akibat kanker perut yang dideritanya, Penfield menghembuskan nafas terakhirnya pada 5 April 1976.
Jika Kamu masih ingin mencari artikel lainnya, silakan gunakan fitur pencarian yang ada pada blog ini:



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wilder Penfield, Sang Maestro Bedah Saraf"

Post a Comment

=> Silakan Berkomentar Sesuai Artikel yang Dibaca
=> Komentar yang Tidak Sesuai Tidak Akan Dipublish