Apa Itu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)?


Nomor Pokok Wajib Pajak atau yang lebih dikenal dengan sebutan NPWP merupakan sebuah Nomor identitas yang diberikan kepada seluruh Wajib Pajak atau sebutan WP. Nantinya NPWP ini digunakan sebagai tanda pengenal atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak serta kewajibannya.

Kita tahu, seharusnya setiap orang yang sudah berpenghasilan atau bekerja, memang wajib untuk membayar pajak penghasilan (PPh21). Orang-orang yang memiliki hak dan kewajiban inilah yang disebut dengan istilah Wajib Pajak.

Apa Itu Nomor Pokok Wajib Pajak?
Jika dikutip dari website resmi Dirjen Pajak, maka Wajib Pajak diartikan sebagai:
Wajib Pajak adalah orang pribadi atau badan, meliputi pembayar pajak, pemotong pajak, dan pemungut pajak, yang mempunyai hak dan kewajiban perpajakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Apakah Wajib Pajak berlaku untuk pekerja atau karyawan tertentu?

Wajib Pajak dikenakan bagi siapapun anda dengan pekerjaan apapun. Entah itu karyawan perusahaan, wiraswasta, pekerja profesional asalkan mendapat penghasilan di Indonesia, maka anda wajib membayar pajak ini. Yang menjadi perbedaan adalah besaran pajak yang harus dibayar.

Untuk NPWP ini, terbagi dari 2 jenis, yaitu NPWP Pribadi serta NPWP Badan. Secara umum, perbedaan jenis NPWP ini adalah:
  1. NPWP Pribadi dimiliki setiap individu yang memiliki penghasilan di Indonesia.
  2. NPWP Badan dimiliki oleh setiap badan atau perusahaan yang memiliki penghasilan di Indonesia.
Jika Kamu masih ingin mencari artikel lainnya, silakan gunakan fitur pencarian yang ada pada blog ini:



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)?"

Post a Comment

=> Silakan Berkomentar Sesuai Artikel yang Dibaca
=> Komentar yang Tidak Sesuai Tidak Akan Dipublish