Mengenang Gempa 30 September 2009 Padang (Sumatera Barat)


Mengenang Gempa 30 September 2009 Padang
Hari ini beberapa tahun lalu, tepatnya pada tanggal 30 September 2009, Hampir seluruh wilayah Provinsi Sumatera Barat dan provinsi tetangga mengalami gempa yang dahsyat. Konon katanya, guncangan juga terasa di negara tetangga sepeti Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Mengenang Gempa 30 September 2009 Padang
Data BMKG mencatat gempa yang terjadi sore hari pada pukul 17.16 WIB itu berkekuatan 7,6 Skala Richter (SR). Berbagai kenangan tentu menyayat hati jika mengenang peristiwa tersebut. Tak terkecuali bagi Bang Apin sendiri yang baru akan memulai kuliah saat itu.

Sedikitnya ada sekitar 1.128 orang yang dinyatakan tewas akibat gempa ini. Saat itu situasi benar-benar memprihatinkan. Ribuan rumah mengalami rusak ringan hingga berat. Beberapa Hotel-hotel bertingkat rata dengan tanah menghimpit ratusan korban. Kerugian materi diprediksi mencapai 4,8 triliun rupiah. Angka yang cukup besar.
Mengenang Gempa 30 September 2009 Padang

Sadar akan kenangan pahit tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Padang membuat inisiatif dengan mendirikan Tugu dan Museum Gempa. Ditugu inilah nama-nama korban jiwa diukir. Tugu ini selalu dikunjungi oleh keluarga korban gempa serta para wisatawan. Tentu pada tanggal 30 September tugu ini akan ramai dikunjungi. Di Museum gempa juga ada puluhan ribu foto yang disimpan didalamnya.
Monumen Gempa PadangMuseum Gempa Padang

Jika Kamu masih ingin mencari artikel lainnya, silakan gunakan fitur pencarian yang ada pada blog ini:



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenang Gempa 30 September 2009 Padang (Sumatera Barat)"

Post a Comment

=> Silakan Berkomentar Sesuai Artikel yang Dibaca
=> Komentar yang Tidak Sesuai Tidak Akan Dipublish