Jadwal Pacu Jalur Kuansing Tahun 2017


Pacu Jalur adalah salah satu acara budaya masyarakat tradisional Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Setiap tahun di bulan Agustus maka kegiatan yang sudah 1 abad lebih usianya ini selalu dilaksanakan. Lalu bagaimana dengan tahun ini?

Pacu Jalur merupakan perlomabaan mendayung di sungai kuantan dengan menggunakan perahu panjang. Panjang perahu ini berkisar 30 sampai 50 meter dengan lebar 1,3 - 1,5 meter. Jalur inilah yang didayung oleh sekitar 50an lebih anak pacu (Sebutan bagi orang yang mendayung jalur).
 
Panjang lintasan pacu jalur adalah lebih kurang 1 km yang ditandai dengan enam tiang pancang. Arenanya mengikuti aliran sungai batang kuantan.
 
Jadwal Pacu Jalur Kuansing Tahun 2017
Kegiatan Pacu Jalur disebut juga sebagai puncak dari seluruh kegiatan masyarakat Kuansing dalam satu tahun penuh. Kegiatan pelaksanaan pacu jalur ini bisa melihat sejauh mana ekonomi masyarakat berkembang. Jika anda ingin melihat event pacu jalur tahun 2017, catatlah jadwal pelaksanaan Pacu jalur 2017 berikut.
  • Tempat: Telukkuantan, Kabupaten Kuantan Singingi
  • Waktu: 23 - 26 Agustus 2017
Jika anda berada dari luar daerah, maka jangan takut akan penginapan, karena di kota Telukkuantan sudah banyak tempat penginapan berupa wisma, maupun hotel. Akses dari Pekanbaru hanya sekitar 160 km atau sekitar 3-4 jam perjalanan darat dengan kondisi jalan lintas yang cukup baik. Sedangkan jika anda dari Sumatera Barat, maka kota Telukkuantan (Kabupaten Kuansing) merupakan perbatasan antara Sumbar dan Riau.
Jika Kamu masih ingin mencari artikel lainnya, silakan gunakan fitur pencarian yang ada pada blog ini:



Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Jadwal Pacu Jalur Kuansing Tahun 2017"

=> Silakan Berkomentar Sesuai Artikel yang Dibaca
=> Komentar yang Tidak Sesuai Tidak Akan Dipublish