8 Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Haid Berlebihan Dengan Cepat


8 Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Haid Berlebihan Dengan Cepat – Setiap bulan wanita yang normal dan sudah memasuki masa subur pasti mengalami menstruasi atau haid, yaitu keluarnya darah dari rahim akibat peluruhan dinding rahim bagian dalam.

Darah haid banyak mengandung pembuluh darah serta sel telur yang tak dibuahi. Rasa nyeri haid karena adanya kontraksi pada dinding rahim yang mengakibatkan terjepitnya pembuluh darah dan timbulnya iskemi jaringan kerap dialami wanita.

Nyeri haid bisa terjadi secara normal maupun berlebihan. Gejala nyeri haid normal adalah kejang berjangkit yang terasa di perut bagian bawah dan menjalar ke pinggang serta dada. Untuk yang biasa mengalami nyeri haid, hal tersebut tentu tidak begitu mengganggu. Namun, bagaimana mengatasi nyeri haid yang berlebihan dan sangat mengganggu?

Tips-tips Mengatasi Nyeri Haid Berlebihan

Nyeri haid berlebihan biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kondisi fisiologis (terutama untuk wanita yang belum pernah melahirkan), kondisi psikologis (rasa cemas berlebihan), faktor hormonal, pemakaian IUD, terlalu sering merokok dan mengkonsumsi alkohol, volume darah haid yang cukup banyak dan beberapa gejala penyakit lainnya. 

Tapi, pembaca tidak perlu khawatir dengan hal itu karena nyeri haid berlebihan bisa diatasi dengan beberapa cara berikut:

1. Kompres Air Hangat
Kompres bagian perut yang kram dan nyeri tak tertahankan dengan botol atau plastik berisi air hangat. Pengompresan juga dapat dilakukan dengan handuk yang sebelumnya direndam air hangat. Kompres dan pijat-pijat bagian yang terasa nyeri dengan lembut agar peredaran darah lancar dan otot-otot di daerah perut lebih rilex, sehingga mengurangi rasa nyeri.
2. Minum Jamu Kunyit Asam
Untuk mengatasi perut mulas, kram dan nyeri karena haid para wanita banyak yang mengkonsumsi jamu kunyit asam cair maupun bubuk yang dijual di toko-toko. Apabila pembaca ingin membuatnya sendiri di rumah cukup menyiapkan parutan kunyit, gula merah dan asam Jawa. Air perasan kunyit direbus bersama gula merah dan asam Jawa hingga mendidih. Kalau sudah hangat, jamu kunyit asam bisa segera diminum untuk mengatasi nyeri haid berlebihan.
3 Minum Obat Pereda Nyeri Haid
Berbagai obat pereda nyeri haid sudah dijual bebas di apotek-apotek terdekat. Obat-obatan tersebut mengandung analgesik untuk mengatasi nyeri haid berlebihan dan antipiretik sebagai pereda demam dengan dosis yang cukup. Konsumsi obat sesuai aturan agar tidak mengganggu kesehatan pembaca.
4 Jangan Menggunakan Pakaian Ketat
Ketika pembaca sedang haid/menstruasi, jangan menggunakan pakaian ketat karena akan memberi rasa tidak nyaman. Memilih pakaian yang agak kendor sangat penting untuk memberikan ruang gerak dan rasa nyaman ketika menjalankan aktifitas.
8 Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Haid Berlebihan Dengan Cepat
5. Mandi Air Hangat
Dengan mandi air hangat, tubuh akan merasakan rilex sehingga lama-lama nyeri haid berlebihan akan mereda.
6. Istirahat Yang Cukup
Biasakan tidur yang cukup di malam hari, setidaknya 7-8 jam dan tidur siang selama 1 jam untuk membantu meningkatkan kebugaran tubuh pembaca. Apabila tubuh rilex, nyeri haid berlebihan pun akan berkurang.
7. Menungging
Saat pembaca menungging, rahim akan tergantung ke bawah sehingga membantu tubuh rilex dan mengurangi nyeri haid.
8. Konsumsi Makanan Yang Kaya Zat Besi
Kekurangan sel darah merah atau anemia rentan menyerang wanita yang sedang haid. Mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi seperti ubi merah, kacang-kacangan, hati ayam, daun singkong, bayam dan buah-buahan sangat disarankan. Hindari konsumsi es, minuman bersoda dan kopi karena akan membuat nyeri haid berlebihan tambah parah. Lebih baik ganti dengan air putih untuk mencegah pembaca mengalami dehidrasi.
Bila pembaca mengalami nyeri haid berlebihan yang begitu mengganggu, terutama volume keluarnya darah tidak normal, segera periksakan ke dokter. Dokter akan mengidentifikasi penyebabnya setelah melakukan tes darah dan USG untuk melihat kondisi organ reproduksi pembaca secara langsung. Olahraga secara rutin, mengelola stress dan relaksasi merupakan alternatif mengatasi nyeri haid berlebihan yang dapat pembaca lakukan.
Jika Kamu masih ingin mencari artikel lainnya, silakan gunakan fitur pencarian yang ada pada blog ini:



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Cara Ampuh Mengatasi Nyeri Haid Berlebihan Dengan Cepat"

Post a Comment

=> Silakan Berkomentar Sesuai Artikel yang Dibaca
=> Komentar yang Tidak Sesuai Tidak Akan Dipublish