Mengenal dan Mengetahui Cara Menggunakan Meteran Laser Untuk Mengukur Jarak


Meteran laser merupakan perangkat sederhana dan memiliki teknologi tingkat lanjut yang hebat dalam cara lama untuk mengukur jarak. Keakuratan dari meteran laser ini adalah 1/8 ini sampai 300 kaki dan dapat mengukukr jarak sampai 160 kaki dalam jarak tertentu. Sehingga sangat ideal untuk digunakan mereka yang bekerja di bidang konstruksi. Selain itu  perangkat ini menjadi benda yang luar biasa untuk dimiliki di kotak peralatan pemilik rumah. Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan meteran laser.

Menggunakan Sasaran

Selama optik laser dapat menembak sesuatu, Anda biasanya tak membutuhkan sasaran ketika mengukur jarak kurang dari 100 kaki dengan meteran laser. Namun demikian sesuatu yang sederhana seperti kertas post it bisa bekerja sebagai sasaran.
Cara Menggunakan Meteran Laser

Ketika Anda bekerja dengan jarak lebih dari 100 kaki, tentu akan lebih menantang untuk menggunakan sasaran yang dapat memantulkan sinar. Model yang lebih baru dapat mengukur hingga 30 kaki di pencahayaan sinar matahari tanpa membutuhkan sasaran. Sedangkan untuk jarak yang lebih jauh dari itu maka dibutuhkan sasaran yang memantulkan untuk memperoleh pengukuran.

Pengukuran

Menggunakan meteran laser sangat mudah. Cukup tempatkan pada ujung jarak yang akan diukur, lalu bidik laser ke obyek di ujung lain jarak yang akan diukur. Tekan tombol yang bertanda “measure” dan Anda akan segera dapat membaca jarak yang diukur. Beberapa perangkat akan menawarkan pilihan antara satuan meter atau inci.

Tombol Tambahan

Meteran laser yang bagus hadir dengan tombol penambahan dan pengurangan. Kebanyakan orang tak terlalu peduli dengan tombol ini dan lebih memilih meteran laser dasar. Tetapi meteran laser dengan fungsi tambahan ini dapat sangat membantu. Anda dapat menggunakan meteran laser dengan tombol tambahan untuk pengukuran segitiga di mana tak ada sasaran yang jelas.

Jika pengukuran dilakukan di depan rumah misalnya, maka Anda dapat pergi dari satu sudut ke cahaya. Setelah itu pergi ke ujung yang lain dan tekan tombol +. Ini akan mengukur ke titik yang sama. Ikuti dengan menekan tombol = untuk memperoleh pengukuran yang lengkap di seluruh rumah. Anda dapat menggunakan pengurangan dengan cara yang sama. Bila ingin mengetahui fungsi lengkap dari meteran digital Anda, sebaiknya baca panduan penggunaan dengan teliti.

Pengukuran Jarak

Ketika melakukan pengukuran yang lebih panjang di bawah sinar matahari, Anda akan mengalami masalah membaca titik laser merah pada obyek yang jauh. Sehingga ini tak memungkinkan Anda untuk mengukur jarak yang tepat. Jika Anda melakukan pekerjaan jenis ini, gunakan pencari tampilan yang diperbesar. Biasanya fungsi ini tersedia pada beberapa model. Sementara model lain memiliki pencarian tampilan eksternal opsional yang dapat memperbesar hingga 4 kali.

Membersihkan

Sesuai namanya, tentu saja meteran laser mengandalkan laser. Maka penting untuk menjaga laser bersih dan pada jalurnya. Hanya pada kondisi tersebutlah Anda dapat melakukan pengukuran yang akurat secara konsisten. Miliki pembersih lensa yang bagus dan gunakan secara rutin. Selain itu simpan meteran laser dalam tempatnya ketika tak digunakan. Hal ini demi mencegah goresan pada lensa dari benda lain dalam kotak perkakas.

Anda harus mengecek garis laser Anda secara rutin, apalagi jika meteran laser Anda sering dipindahkan secara rutin. Anda dapat menemukan instruksi bagi model yang Anda miliki pada panduan penggunaan.
Membeli Meteran Laser

Bagi yang ingin memiliki meteran laser ini, Anda dapat membeli secara online dari layanan e-commerce. Harga meteran laser ini beragam, mulai dari kisarasn Rp 1 jutaan hingga Rp 4 jutaan.

Yup! Memang jika dibandingkan dengan meteran pita, harga meteran laser jauh lebih mahal. Coba cek saja harga meteran pita dengan harga meteran laser Krisbow di e-commerce.
Jika Kamu masih ingin mencari artikel lainnya, silakan gunakan fitur pencarian yang ada pada blog ini:



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal dan Mengetahui Cara Menggunakan Meteran Laser Untuk Mengukur Jarak"

Post a Comment

=> Silakan Berkomentar Sesuai Artikel yang Dibaca
=> Komentar yang Tidak Sesuai Tidak Akan Dipublish