Tips Menghadapi Penderita Gangguan Mental


Banyak dari kita yang tidak menyadari bahwa sebenarnya, penderita gangguan mental menjadi korban lingkungan. Bukan mendapatkan pengobatan yang layak, tapi malah dikucilkan dan dijauhi dari pergaulan. Hal initentu akan menjadikan keadaan mereka akan semakin memburuk.

Minimnya edukasi terhadap masyarakan berdampak negatif terhadap penderita gangguan mental. Bukannya mendapat dukungan,tapi malah mendapat tudingan-tudingan yang tidak menyenangkan. Respon sekitar inilah yang membuat penderita mental ilness takut untuk memnceritakan kondisi mereka kepada orang sekitar.
 
Padahal seharusnya, lingkungan sekitar harus tetap berada dan mendampingi penderita gangguan mental ini. Menghadapi penderita gangguan mental (mental illness bukanlah hal sulit. Berikut ini adalah tips yang bisa dilakukan ketika menghadapi mereka:

1. Berhentilah menilai Negatif
Ketika penderita mental ilnees berperilaku aneh, janganlah langsung menilai negatif terhadap mereka. Hapuslah pikiran-pikiran negatif tersebut. Perilaku aneh mereka hanya muncul saat kambuh, jadi tidak seharusnya kita menyematkan sebutan orang gila kepada mereka.
Tips Menghadapi Penderita Gangguan Mental

2. Dengar dan respons
Penderita mental ilness juga ingin didengarkan. Sayangnya,lingkungan sekitar malah tidak memperhatikan ini, sehingga mereka merasa dikucilkan. Dengan merespon mereka akan merasa dihargai. Sebagai manusia normal, jika kita direspon dan didengar orang lain tentu kita merasa dihargai.

3. Tetap memberi Semangat
mental ilness (gangguan mental) bukanlah penyakit yang tidak bisa disembuhkan.Cara termudah adalah dengan terus memberi semangat dari orang-orang terdekat.
Jika Kamu masih ingin mencari artikel lainnya, silakan gunakan fitur pencarian yang ada pada blog ini:



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menghadapi Penderita Gangguan Mental"

Post a Comment

=> Silakan Berkomentar Sesuai Artikel yang Dibaca
=> Komentar yang Tidak Sesuai Tidak Akan Dipublish