Alhamdulillah, Ujian Nasional 2017 Hanya Uji 4 Pelajaran


Akhirnya kabar mengenai jumlah mata pelajaran yang di ujikan saat Ujian nasional terjawab sudah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan melakukan perubahan yang signifikan dalam UN tahun 2017. Siswa SMA hanya akan menghadapi 4 mata pelajaran UN saja.
Ujian Nasional 2017 Hanya Uji 4 Pelajaran

Pada Ujian nasional sebelumnya, mata pelajaran yang di ujikan berjumlah enam (6) mata pelajaran. Mata pelajaran utama adalah Bahasa Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris. Serta ditambah 3 mata pelajaran lagi sesuai penjurusan masing-masing Siswa.
Jika jurusan IPA maka harus ikut Ujian Kimia, Biologi, dan Fisika. Siswa IPS mengerjakan Geografi, Sosiologi dan Ekonomi. Untuk jurusan Bahasa mengerjakan Bahasa dan Sastra Indoesia, Antropolog dan Bahasa Asing.
Pada Ujian Nasional 2017, Siswa hanya mengikuti 4 pelajaran dengan ketentuan, 3 pelajaran Utama (Bahasa Indonesia, matematika, dan Bahasa Inggris) ditambah 1 mata pelajaran sesuai jurusan. Misalnya Jika siswa SMA jurusan IPA, maka siswa tersebut bisa memilih 1 diantara 3 mata pelajaran (Biologi,Fisika, Kimia). Artinya jika memilih Biologi maka dia tidak mengerjakan Fisika dan Kimia saat ujian. Begitu pula untuk jurusan lainnya.
"Siswa silahkan memilih satu mata pelajaran sesuai kemampuan yang dimilikinya," Ujar Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud, Nizam.
Mulai sekarang siswa bisa mendaftar ke sekolah masing-masing untuk memilih mata pelajaran ini. Jika sekolah menggunakan kertas LJK, maka pilihannya harus seragam, namun jika menggunaka komputer (CAT) maka pilihannya bisa bebas.

Selain Ujian nasional, tahun 2017 siswa juga harus mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional, Baca Penjelasannya Disini (http://www.bangapin.com/2016/12/ini-dia-perbedaan-un-dan-usbn.html)

Jika Anda membutuhkan Kisi-Kisi Ujian Nasional Tahun 2017, Bisa anda Unduh Disini
Jika Kamu masih ingin mencari artikel lainnya, silakan gunakan fitur pencarian yang ada pada blog ini:



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alhamdulillah, Ujian Nasional 2017 Hanya Uji 4 Pelajaran"

Post a Comment

=> Silakan Berkomentar Sesuai Artikel yang Dibaca
=> Komentar yang Tidak Sesuai Tidak Akan Dipublish