Tentang Toleransi dari Ujung Negeri


Foto ini diambil secara tidak sengaja beberapa hari yang lalu oleh adik angkat saya, Aulio. Hari itu saya bersiap untuk berbuka puasa dan meminta Aulio menerangi saya dengan flash kamera handphone, karena cahaya pelita kurang membantu penerangan. Secara tidak sengaja Aulio memencet tombol potret, "cekreeeeek."

"Kou foto Bapak guru kah?" Tanya saya.
"Haa iyo Pa guru, tong tara sengaja tekan tombol Pa guru pu hp." Jawab Aulio.

Malam hari menjelang tidur, saya melihat foto yg tadi tidak sengaja diambil oleh Aulio. Tidak tau mengapa saya sangat suka dengan hasil foto yang diambil secara tidak sengaja ini. Pakaian yang saya kenakan sangat berbeda dengan simbol yg tertempel di dinding rumah, tapi inilah yang saya alami. Sangat terlihat toleransi yang terjadi dalam keluarga kecil angkat saya di desa penempatan.

Mama yang selalu menyiapkan makanan untuk berbuka puasa. Bapak dan Aulio yang hampir selalu ikut makan sahur. Murid-murid yang bergantian mengantarkan ikan hasil "nyolo". Atau suasana rumah yang sangat hening ketika saya melaksanakan ibadah sholat maghrib, isya, tarawih dan jumat seorang diri.
Tentang Toleransi dari Ujung Negeri

Kembali saya merasa menjadi orang yang sangat beruntung bisa ada di kondisi ini. Beruntung bisa merasakan Ramadhan bersama keluarga Protestan saya yang sangat taat. Beruntung bisa mendapatkan banyak pembelajaran budi pekerti luhur dari orang di desa yang sering kali, orang kota, menganggap mereka sebelah mata. Semoga dari foto ini kita semua, orang-orang yang sering melabeli diri sebagai manusia berpendidikan, bisa belajar dan merefleksikan tentang toleransi dan perbedaan dalam kebersamaan.

Cerita dari Agung Rangkuti Zayadi (Pengajar Muda XII Kepulauan Yapen)
Jika Kamu masih ingin mencari artikel lainnya, silakan gunakan fitur pencarian yang ada pada blog ini:



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tentang Toleransi dari Ujung Negeri"

Post a Comment

=> Silakan Berkomentar Sesuai Artikel yang Dibaca
=> Komentar yang Tidak Sesuai Tidak Akan Dipublish