Penjelasan Gambar Palu dan Arit Pada Pecahan Seratus Ribu Terbaru

Bang Apin terkadang terhibur dengan aksi-aksi netizen Indonesia. Banyak saja ulahnya, berita-berita viral selalu menghiasi sosial media. Mulai dari info hoax hingga cocokologi terhadap suatu peristiwa.

Hal-hal diatas terkadang membuat hati tergelitik plus miris. Tergelitik karena lucunya, miris karena masih banyak orang Indonesia yang dibodohi oleh berita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Padahal kita sebagai manusia yang diberikan anugerah akal dan pikiran oleh sang pencipta, kenapa tidak memanfaatkan itu untuk mengecek suatu kebenaran. Jangan asal dapat berita Langsung share. Ingat artikel sebelumnya, Jarimu Harimaumu (Baca: http://www.bangapin.com/2016/11/jarimu-harimaumu.html)
 
Peristiwa terbaru adalah munculnya uang pecahan 100.000 baru yang disinyalir oleh sebagian orang bahwa ditemui keberadaan logo mirip Palu dan Arit. Palu dan Arit identik dengan sesuatu, pasti anda tau. Uang pecahan ini adalah cetakan tahun 2014.
Gambar Palu Arit Pecahan 100.000
Seperti yang kita ketahui Bank Indonesia adalah yang mencetaknya. Dalam pencetakan ini maka Bank Indonesia wajib menjamin keaslian uang agar tidak mudah dipalsukan. Upaya-upaya itu selalu dilakukan dan diperbaiki agar uang yang beredar ditengah masyarakat benar-benar terjaga keasliannya.

Selama ini kita hanya mengetahui keaslian selembar uang dengan langkah 3D yaitu Dilihat, Diraba dan Diterawang. Unsur-unsur pengaman dari selembar uang bisa berupa desain, warna, dan sebagainya. Kita sering melihat patokan dengan melihat benang pengaman hingga tanda air yang ada pada sebuah uang. Padahal ada satu lagi unsur pengaman yang mungkin tidak diketahui banyak orang. Unsur ini dinamakan dengan Rectroverso atau gambar saling isi.

Uang pecahan 100.000 yang dihebohkan ini dicetak pada zaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tahun 2014. Kemudian resmi diedarkan bertepatan dengan Ulang Tahun Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2014. Gambar saling isi inilah yang diributkan oleh kalangan netizen, gambar Palu dan Arit. Jika anda ingin mengetahui apa itu Rectroverso, anda bisa melakukan cara berikut ini:
  1. Angkat uang anda dan arahkan ke cahaya atau lampu
  2. Lihat simbol atau gambar yang anda duga sebagai Palu dan Arit
  3. Maka akan membentuk Logo BI (Bank Indonesia)
Jadi stop berita "Hoax" yang mengatakan bahwa logo yang ada itu adalah Palu Arit. Selain itu anda juga harus tahu Tampilan Uang 100.000 edisi cetak tahun 2014 ini. Berikut tampilannya
Ciri-ciri pecahan 100.00 edisi cetak tahun 2014

Jika Kamu masih ingin mencari artikel lainnya, silakan gunakan fitur pencarian yang ada pada blog ini:



Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Penjelasan Gambar Palu dan Arit Pada Pecahan Seratus Ribu Terbaru"

  1. owalah logo BI ternyata ada-ada aja ulah oknum yang suka manipulasi berita hoax

    ReplyDelete

=> Silakan Berkomentar Sesuai Artikel yang Dibaca
=> Komentar yang Tidak Sesuai Tidak Akan Dipublish