Alhamdulillah, Guru yang Belum Sertifikasi Masih Ditoleransi

Seharusnya kualifikasi pendidikan seorang guru adalah minima D4 atau setara dengan S1. Aturan ini sudah digaungkan sejak lama. Namun dalam prakteknya masih banyak guru yang belum memenuhi kualifikasi. Rata-rata mengajar di sekolah Dasar.
Guru yang Belum Sertifikasi Masih Ditoleransi
Di Kalimantan Timur, Kebanyakan guru yang tidak memenuhi kualifikasi mengajar untuk sekolah dasar. Mereka adalah guru-guru senior yang mengajar belajar hingga puluhan tahun. Selain itu fakta lainnya adalah guru-guru tersebut bukan hanya berada di kawasan pinggiran atau pedalaman namun ada juga yang berada di kota. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Samarinda, Asli Nuryadin mengatakan:
"Guru-guru ini masih diberi kesempatan untuk melanjutkan kuliah, karena kalau tidak akan menyulitkan mereka dalam sertifikasi. Salah satu syarat dari sertifikasi adalah lulusan S1", ujarnya.
Tuntutan itu tertuang dalam UU Nomor 14 tahun 2015 tentang Guru dan Dosen. Jadi setiap guru haru mengikuti aturan tersebut. Jika tidak sesuai kualifikasi bsa saja mereka dialihkan fungsinya dari tenaga kependidikan menjadi bukan tenaga pendidik atau bahkan bisa diberhentikan.

Pihak Disdikbud masih memberi kesempatan dan toleransai bagi guru yang belum memenuhi syarat untuk mendapat sertifikasi.
Jika Kamu masih ingin mencari artikel lainnya, silakan gunakan fitur pencarian yang ada pada blog ini:



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alhamdulillah, Guru yang Belum Sertifikasi Masih Ditoleransi"

Post a Comment

=> Silakan Berkomentar Sesuai Artikel yang Dibaca
=> Komentar yang Tidak Sesuai Tidak Akan Dipublish