Punya SIM yang Hampir Mati, Segera Lakukan Hal Ini

Peringatan serius bagi anda yang mempunyai SIM (Surat Izin Mengemudi) yang masa berlakunya hampir habis. Segeralah lakukan perpanjangan jika tidak ingin mendapat masalah.

Pasalnya SIM yang sudah mati walaupun baru sehari tidak bisa diperpanjang lagi. Artinya anda harus menguru dan membuat SIM Baru dimana prosesnya harus dimulai dari awal lagi.
Hal ini sejalan dengan Peraturan Kapolri Nomor 09 Tahun 2012 Pasal 28 Ayat (2) dan Ayat (3) tentang Perpanjangan SIM.
  • Ayat (2) Perpanjangan SIM dilakukan sebelum masa berlakunya berakhir.
  • Ayat (3) Perpanjangan yang dilakukan setelah lewat waktu, sebagaimana dimaksud pada ayat (2), harus diajukan SIM baru sesuai dengan golongan yang dimiliki dengan memenuhi persyaratan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27
Ditegaskan juga dengan Surat telegram dengan nomor ST/985/IV/2016 tertanggal 20 April 2016 huruf BBB point 3 yang isinya SIM yang telah lewat masa berlakunya walaupun satu hari tidak dapat diperpanjang dan harus membuat SIM Baru.
Perpanjangan SIM
Jadi diharapkan bagi anda, silakan cek masa berlaku SIM anda sekarang juga agar tidak ribet lagi dalam proses pembuatan SIM baru. Jika masa berlakunya hampir habis, segera diperpanjang karena proses perpanjangan SIM saat ini semakin mudah.

Berbeda dengan SIM, KTP yang sudah habis masa berlakunya tidak perlu diperpanjang lagi. Hal ini berlaku jika KTP anda sudah KTP Elektronik. Baca penjelasannya disini
Jika Kamu masih ingin mencari artikel lainnya, silakan gunakan fitur pencarian yang ada pada blog ini:



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Punya SIM yang Hampir Mati, Segera Lakukan Hal Ini"

Post a Comment

=> Silakan Berkomentar Sesuai Artikel yang Dibaca
=> Komentar yang Tidak Sesuai Tidak Akan Dipublish