Belajar Optimal dengan Porsi Tepat

Bagi seorang pelajar, kegiatan belajar wajib hukumnya. Tak jarang mereka yang bersungguh-sungguh ingin belajar menambah porsi belajar mereka dengan berbagai macam jenis les yang ditawarkan di luar sekolah. Ada yang les privat di rumah, ada juga yang ikut bimbingan belajar dari berbagai lembaga.

Apakah dengan adanya les privat ini benar-benar bisa meningkatkan kemampuan kita dalam meraih ilmu? Hal semacam ini harus dipikirkan oleh seorang pelajar. Harus tahu bagaimana porsi belajar yang tepat itu seperti apa.

Belajar Optimal dengan Porsi Tepat
Saat belajar di sekolah, biasanya pelajar menghabiskan waktu sekitar 6-7 jam sehari untuk belajar. Tentu hal ini akan membuat otak semakin lelah. Kemampuan optimal otak untuk menerima pelajaran secara optimal hanya berkisar 4-5 jam. Jika gaya belajar tetap dipaksakan, maka akan menyebabkan lelas otak dan lelah psikis. Lelah psikis bisa berdampak panjang. Hilangnya motivasi belajar, malas melakukan kegiatan, bahkan cenderung ingin bolos merupakan bentuk-bentuk dari lelah psikis.
Lalu apakah dengan mengambil les privat di luar sekolah dilarang?
Tentu tidak dilarang. Pelajar harus bisa memilih metode les yang cenderung bergaya 2 arah. Adanya interaksi antara pengajar dan pelajar. Dengan adanya interaksi ini, pelajar akan menjadi aktif.

Selain itu, pilihlah bimbingan belajar atau les yang waktunya tidak berdekatan dengan jam kepulangan sekolah. Beri jeda 2-3 jam untuk istirahat.
Cara lain agar bisa belajar optimal adalah dengan belajar sendiri di rumah. Jika kamu tidak ikut bimbel, kamu harus mengulang materi pelajaran di rumah. Dengan belajar sendiri, maka kamu mempunyai waktu yang fleksibel, menyesuaikan dengan kondisi tubuh.
Jika Kamu masih ingin mencari artikel lainnya, silakan gunakan fitur pencarian yang ada pada blog ini:



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Belajar Optimal dengan Porsi Tepat"

Post a Comment

=> Silakan Berkomentar Sesuai Artikel yang Dibaca
=> Komentar yang Tidak Sesuai Tidak Akan Dipublish