Memperbaiki E-KTP yang Bermasalah

15
E-KTP bermasalah, terutama masalah nama, Tempat Tanggal Lahir, Alamat, dsb. Untuk masalah nama tentu menjadi bahan yang sangat perlu diperhatikan, coba cek Lagi E-KTP anda, cek datanya, sudah benar apa belum, nama yang harusnya huruf Double terkadang tertinggal, soalnya masalah nama yang tidak sesuai antara Akta Kelahiran, Ijazah, dan E-KTP sungguh merepotkan. terutama saat sibuk urus-urus CPNS tahun ini. Contohny aja keluhan di website kemendagri berikut ini, (oya, Kemendagri merupakan yang urus E-KTP ini Loh)

klik gambar untuk memperbesar

Berikut solusinya lengkapnya:

  1. Minta surat pengantar RT/RW untuk ganti Kartu Keluarga dan E-KTP (sebenernya kalo ada kesalahan data biang kerok nya di KK, tapi kalo KK gada masalah ya gak perlu diganti)
  2. Selesai lalu bawa surat pengantar tadi ke Kelurahan jangan lupa bawa Foto Copy AKTA KELAHIRAN/IJAZAH temen-temen yaaaa…..
  3. Setelah sampai di Kelurahan jelasin se-ditel-ditel-nya apa permasalahan yang ada di E-KTP temen-temen (Oia hati-hati dengan pungli, tapi ada peraturan sebenernya gak boleh ada pungli lagi di kantor-kantor pemerintah pelayanan masyarakat, jadi kalo mau ngasih sok mangga, kalo nggak juga gak apa, nah kalo ada yang malak baru masalah hehehe, Lebih amannya kasih aja deh Duit biar kaga ribet….)
  4. Kelurahan akan kasih surat pengantar untuk ke Kecamatan, trusss ke Kecamatan, disini juga ada loket pelayanan, nah temen-temen jelasin lagi apa masalah yang dihadapi temen-temen pada KK/E-KTP-nya
  5. Setelah itu cek kembali data-data sebelum meninggalkan Kecamatan
  6. Setelah OK, langsung deh meluncur ke Dinas Catatan Sipil (Capil) dan Kependudukan,
  7. Di Capil carilah Loket untuk mengurusi KTP dan KK
  8. Jelasin lagi sama pelayan Loket nanti dikasih tanda terima, berupa 1 lembar struk pembayaran untuk KK atas nama Kepala Keluarga dengan harga Rp10.000 dan 1 lembar struk pembayaran KTP atas nama pemohon perubahan data dengan harga Rp25.000 (penggantian/perpanjangan/buat baru karena terlambat) harga-harga ini semua sudah ketetapan pemerintah sih ada pengumumannya juga.
  9. Gak berselang 20 menit dipanggil deh buat Foto KTP baru (agak kaget sih biasanya harus nunggu sejam dua jam tumben ini cepet padahal ruame banget, hihihi…)
  10. Gak lama dipanggil untuk pengambilan KK, bayar diloket tempat pengambilan KK.
  11. 15 menit KTP pun jadi, WOW…. cepettt

sumber

Leave A Reply

Your email address will not be published.