Jenis-Jenis Seragam Pramuka dan Kelengkapannya

Sebelumnya, bang Apin ucapkan Selamat Hari Pramuka yang ke 55 Tahun, (14 Agustus 2016)
Berhubung bertepatan dengan hari Pramuka, tidak ada salahnya kita membahas Jenis-jenis Seragam Pramuka beserta Kelengkapannya.

Seragam Pramuka adalah pakaian yang digunakan oleh anggota Gerakan Pramuka Indonesia yang fungsinya sebagai sarana pendidikan serta identitas bagi anggotanya agar meningkatkan citra dari Gerakan Pramuka itu sendiri. Mengapa Seragam Pramuka itu ditetapkan? Tujuannya adalah saat anggota pramuka memakai seragam itu dapat menjunjung tinggi Satya dan Darma Pramuka, memiliki jiwa Korsa dan berdisiplin.

Warna seragam pramuka sendiri adalah warna coklat muda dan coklat tua. Warna itu dipakai karena salah satu warna yang digunakan pejuang Indonesia pada masa perang kemerdekaan.

Kita bahas Jenis-Jenis Sergam Pramuka.
1. Seragam harian
Seragam harian ini merupakan pakaian yang dikenakan oleh anggota Pramuka saat melaksanakan kegiatan kepramukaan harian. Selain itu seragam ini juga digunakan pada waktu mengikuti upcara dan kegiatan kepramukaan lainnya. Seragam harian ini sering disebut sebagai pakaian utama. Oleh sebab itu sering disebut dengan Baju Pramuka. Setiap anggota minimal memiliki 1 stel seragam harian ini.

Seragam Pramuka dan Kelengkapannya

2. Seragam kegiatan
Seragam ini dipakai saat anggota Pramuka melakukan kegiatan dilapangan atau kegiatan olahraga. Dengan memiliki pakaian ini maka anggota Pramuka akan mudah untuk melakukan berbagai aktifitas. Meskipun tidak wajib, anggota Pramuka sebaiknya memiliki seragam ini
 
3. Seragam Upacara
Pakaian ini dikenakan tatkala anggota Gerakan Pramuka mengikuti upacara Hari Proklamasi Kemerdekaan, Hari Pramuka, Pelantikan pengurus/Mabi. Seragam ini hanya boleh dikenakan oleh Andalan dan Majelis Pembimbing mulai dari tingkat Kwartir Cabang sampai Kwartir Nasional
 
4. Seragam Khusus.
Seragam ini digunakan saat ada pertimbangan khusus. Seperti saat anggota Pramuka yang beragama muslim, maka menggunakan pakaian muslim, dan sebagainya.
 
Setiap Pakaian Seragam Pramuka, memiliki kelengkapan-kelengkapan yang harus dipenuhi, diantaranya:
  1. Tutup Kepala
  2. Baju Pramuka
  3. Rok/Celana
  4. Setangan Leher
  5. Ikat Pingang
  6. Kaus Kaki
  7. Sepatu
  8. Tanda Pengenal Gerakan Pramuka
Demikianlah artikel yang bisa BangApin bagikan, semoga bermanfaat. Salam Pramuka.
Jika Kamu masih ingin mencari artikel lainnya, silakan gunakan fitur pencarian yang ada pada blog ini:



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis-Jenis Seragam Pramuka dan Kelengkapannya"

Post a Comment

=> Silakan Berkomentar Sesuai Artikel yang Dibaca
=> Komentar yang Tidak Sesuai Tidak Akan Dipublish