Istilah-Istilah Dalam Stand Up Comedy

Stand up Comedy mulai menjamur ditengah masyarakat Indonesia. Terutama dikalangan remaja. Stand up Comedy dalah sebuah genre komedi dimana komedinya bersifat tunggal. Dapat diartikan satu orang berada diatas panggung untuk melakukan monolog lucu. Biasanya yang disampaikan adalah cerita berdasarkan pengamatan, pendapat ataupun pengalaman diri pribadi.

Makna dari yang diceritakan biasanya berisi keresahan pribadi terhadap sesuat, mengangkat peristiwa yang sedang hangat, mengutarakan kejadian sosial dimasyarakat, namun disuguhkan dalam bentuk jenaka. Karena harus selalu up to date dalam ber stand up, maka Stand up Comedy biasanya alami dari hasil pemikiran sendiri, tidak mengambil materi orang lain.

Orang yang melakukan stand up comedy disebut dengan Komika. Ada beberapa istilah dalam Stand Up yang harus kita ketahui bersama, diantaranya:
  • Joke Telling, Artinya komika melucu diatas panggung sambil memberikan tebak-tebakan, anekdot, yang disampaikan kepada penonton.
  • Bit, Artinya satuan materi yang disusun berdasarkan set-up dan punchline nya
  • Set-up, artinya bagian pengantar yang biasanya hanya kalimat awal dari dari sebuah bit sebelum masuk ke bagian yang lucu. Sering juga disebut dengan premis
  • Punchline artinya Bagian yang lucu yang ada pada sebuah bit. Disebut Punchline karena bagian ini harus mengena di hati penonton atau pendengar.
  • Set: kesatuan dari sebuah pertunjukan stand up, gabungan dari bit
  • Kill: Istiah yang digunakan jika komika berhasil membuat penonton tertawa sepanjang pertunjukan
  • Bomb: Istilah ketika komika gagal dalam menghibur penonton
Selanjutnya akan Bang Apin bahas mengenai aliran-alran dalam Berstandup. Namun sebelumnya saksikan dulu Stand Up yang dilakukan Gading Marten ini, ditayangkan di Indosiar ketika acara Stand Up Comedy Academy 2015. Gading di daulat untuk berstand up. Gading mengambil tema Suka Duka jadi anaknya Roy Marten.
Gading Marten Stand Up
Klik Gambar untuk Memutar Video
Jika Kamu masih ingin mencari artikel lainnya, silakan gunakan fitur pencarian yang ada pada blog ini:



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Istilah-Istilah Dalam Stand Up Comedy"

Post a Comment

=> Silakan Berkomentar Sesuai Artikel yang Dibaca
=> Komentar yang Tidak Sesuai Tidak Akan Dipublish