Tips Mendapatkan Serta Meningkatkan Prestasi Belajar Di Sekolah

Mengevaluasi atau menilai kebiasaan belajar sangatlah penting. Apabila setelah mengikuti kegiatan belajar di sekolah dan ditambah dengan belajar mandiri di rumah sudah sesuai dengan rencana namun hasil belajar kurang memuaskan maka perlu diubah pola pikir sobat agar benar-benar mendapatkan prestasi. Adapun cara mengikuti pelajaran di kelas agar prestasi meningkat adalah sebagai berikut:
Tips Mendapatkan Serta Meningkatkan Prestasi Belajar Di Sekolah
Menggapai Nomor/Juara Satu dikela

Baca: Perbanyak Membaca Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar

1. Niat
Ingatlah, "Segala sesuatu harus dimulai dari niat". Semenjak melangkahkan kaki, meninggalkan rumah untuk pergi kesekolah, pelajar harus sudah berminat dan bertekad untuk mencari ilmu. Bukan sekedar mendapatkan uang jajan ataupun berkumpul dengan teman-teman. Dibalik niat yang suci, pasti terkandung nilai yang tinggi. Sobat pasti tidak akan menyia-nyiakan waktu belajar disekolah dan melakukan hal-hal yang tidak membawa manfaat. Maka niat harus dipelihara sampai pelajaran usai. Karean niat adalah asas pokok dan pondasi untuk langkah-langkah selanjutnya.

2. Kemauan yang kuat
Kemauan adalah modal yang sangat penting dalam belajar. Hal ini harus dibarengi dengan usaha yang keras, perjuangan yang gigih, semangat yang berkobar-kobar dan tak gentar menghadapi segala rintangan dan kesulitan dalam menuntut ilu.

3. Perhatian
Seorang pelajar harus dapat memfungsikan alat pendengaran dan alat penglihatannya dengan baik. Dengan pendengaran sobat harus pandai-pandai menyeleksi keterangan mana yang dianggap penting dan banyak yang diulang atau ditekankan oleh guru. Karena sudah menjadi rahasia umum kalau hal-hal yang sering diulang-ulang dan dijelaskan oleh guru menjadi soal dalam ujian atau bahan ulangan. Dengan penglihatan, sobat harus dapat memperhatikan mimik wajah, gerak-gerik dan gaya mengajar bapak atau ibu guru sehingga menambah pengertian dan pemahaman terhadap pelajaran yang diberikan. Kesemua itu akan membuat kesan yang mendalam dan melekat di otak yang akhirnya memudahkan dalam menghafal dan mengingat kembali apa yang dibicarakan oleh guru. Perhatian yang tinggi terhadap sesuatu pasti akan membuahkan hasil

4. Konsentrasi
Konsentrasi berarti pemusatan pikiran kepada suatu masalah saja, untuk lainnya diabaikan saja. Dalam hal ini, yang harus ada dipikiran sobat adalah pelajaran yang sedang dihadapi bukan pelajaran yang akan datang ataupun hal-hal lainnya. Tinggalkan dan janganlah sesekali membahas hal yang berada diluar pelajaran yang sedang dihadapi.

5. Mencatat
Seorang yang sudah mendapatkan ilmu ataupun masih mencari ilmu, setelah mendapatannya harus diikat kuat. taili pengikatnya itu adalah catatan. Buatah Catatan yang lengkap, rapi, bersih teratur dan jelas agar mudah terbaca. Sobat bisa mencatat apa yang didiktekan oleh guru ataupun mencari dan meringkas sendiri dari buku atau internet ataupun sumber pelajaran lainnya. Catatan tidak harus berupa kalimat yang panjang, tapi cukup mencatat poin-poin yang dianggap penting.

6. Bertanya
Jangan ragu untuk bertanya jika sobat belum paham terhadap materi yang dipelajari. Dengan bertanya sobat akan menjadi semakin paham, mengerti dan tidak tersesat. Ingatlah pepatah, Malu bertanya sesat dijalan.

Jika sobat ingin mendapatkan materi-materi pelajaran melalui internet, sobat bisa mengakses situs dibawah ini:
Demikianlah penjelasan yang bang Apin bagikan, semoga setelah membaca ini, sobat semua akan semakin semangat untuk meningkatkan prestasi belajarnya.

Salam Bang Apin
Belajar untuk Berbagi, Berbagi Untuk Dipelajari
Jika Kamu masih ingin mencari artikel lainnya, silakan gunakan fitur pencarian yang ada pada blog ini:



Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Tips Mendapatkan Serta Meningkatkan Prestasi Belajar Di Sekolah"

  1. Pas bneer bgeet thu gan tips.a
    Kloo gx kyaa ktt mungkin prestasi dlam bljaar akan berkurang

    ReplyDelete
  2. Bener nih gan tipsnya sangat bagus, saya sudah praktek pas waktu SMP dan hasilnya memuaskan :)

    ReplyDelete
  3. Cocok nih gan artikelnya buat ane yang masih pelajar, btw makasih atas infonya gan

    ReplyDelete

=> Silakan Berkomentar Sesuai Artikel yang Dibaca
=> Komentar yang Tidak Sesuai Tidak Akan Dipublish