Tips Memilih Modem

135
Sekarang sudah jamannya Online…. Online… Online…. Online.
Mirip lagu Saykoji ya? Memang fenomena online makin menjamur dan membludak. Handphone canggih berlabel pintar alias smartphone jadi idola. Online sudah menjadi kebutuhan. Ibaratnya, bangun tidur bukannya cuci muka dan gosok gigi lagi, tapi langsung liat HaPe dan cek notifikasi Sosial Media. Bang Apin salah satunya.
Namun, online menggunakan PC (personal computer) atau melalui laptop tetap menjadi idola. Meski saat ini tak sebebas dan seleluasa penguna Smartphone. Bagi yang online dengan PC, pasti tak terlepas dengan jaringan WiFi ataupun Modem. Nah, kali ini bang Apin akan membahas bagaimana memilih Modem yang baik dan benar. Tips memilih Modem ini mungkin bisa sobat cari di google, tapi Bang Apin akan membagikannya sesuai pemahaman orang awam. Kalau sobat punya tips lain silakan share di komentar.
Tips Memilih Modem yang benar
Modem GSM Merk Huawei
1. Tentukan dulu jenisnya
Sebelum sobat membeli modem, sobat harus tentukan jenis modem yang sobat beli. Apa yang harus ditentukan? Modem itu ada dua jenis, yaitu CDMA dan GSM. Sebenarnya ada juga modem yang sudah termasuk ISP, seperti Speedy. Yang bang Apin bahas adalah CDMA dan GSM. Sebelum memilih, Sobat harus paham tipe jaringan operator yang tersedia di daerah sobat. Apakah mencakup untuk CDMA atau GSM. Biasanya untuk CDMA hanya di kota-kota besar yang terjangkau jaringannya. Jika layanan yang tersedia di daerah sobat hanya Telkomsel, Indosat, XL, Axis, three, maka Modem GSM lah yang harus sobat pilih. Namun jika didaerah sobat terjangkau untuk jaringan SmartFren, StarOne dan lainnya maka sobat bisa menggunakan odem jenis CDMA. 
  • Modem jenis GSM biasanya Lebih Mahal daripada Modem CDMA
 2. Pilihlah Modem yang memilik antena penguat sinyal
3. Jangan Terbuai dengan kecepatan 7,2 Mbps, 14 Mbps ataupu keatasnya
Banyak yang memilih modem dengan melihat kecepatan seperti diatas. Menurut saya Pemikiran yang salah. Mengapa demikian? Karena untuk kecepatan jaringan. Faktor utama yang menentukan adalah Kualitas jaringan daerah sobat. Kecepatan di desa tentu berbeda dengan di kota-kota besar. Jadi pastikan dulu jaringan didaerah sobat, agar sobat tidak menyalahkan modem jika saat browsing leletnya minta ampun.
4.  Pilih yang support (Unlock) All operator
Apa maksudnya, Sebelum membeli modem, pastikan modem yang sobat beli bisa dipakai untuk semua operator (terutama GSM). Modem yang beredar saat ini hampir support all operator
 
5. Pilih Sesuai Kantong
Yang ini bukan tips, tapi kudu harus dan wajib diperhatikan. Intinya belilah modem sesuai kantong sobat. Beli murah asal janga murahan

Lalu bang Apin merekomendasikan Modem merk apa?

Bang Apin tidak bisa merekomendasikan modem merk apa, baca lagi Tips nomor 3. Sesuaikan dengan TKP sobat semua. Namun rata-rata Modem Merk Huawei 173 dan Huawei 153 (Kedua Modem ini merupakan Modem GSM) sudah baik untuk digunakan dimanapun. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.