Cium Hidung Yang Menjadi Tradisi

Buat sobat yang ganteng dan cantik-cantik, Salam tangan merupakan tradisi khas masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, kita selalu disuguhi dengan tradisi ini ketika bertemu. Apalagi pertemuan ini merupakan ajang reuni setelah lama tak jumpa.

Tradisi Salaman memang menjadi budaya kental bagi kita. Hampir setiap hari kita melakukan salaman, baik itu kepada Orang tua, Guru, Adik, kakak, Abang, teman, bahkan pacar mungkin. Terkadang saking akrabnya acara salaman ini sudah di tambah dengan bumbu berpelukan. Bahkan sampai ketahap cipika-cipiki, alias Cium Pipi kanan, Cium pipi kiri. Alhamdulillah saya belum pernah dapat Cipika-Cipiki ini, ada yang mau ngasih?

Namun ada sebuah tradisi unik di daerah Sumba, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Jangan harap kamu akan mendapat atau melihat acara salaman dari penduduk asli desa Sumba, ataupun NTT. Mereka mempunyai Tradisi Cium Hidung ketika berjumpa. Cium Hidung ini merupakan Tradisi dari leluhur Orang Sabu. Jadi Orang Sabu tak segan dan tak merasa malu untuk melakukan tradisi Cium Hidung ini.
Cium Hidung Yang Menjadi Tradisi
Gambar merupakan Ilustrasi

Menurut Budayawan, Tradisi Cium Hidung ini bermakna karena Hidung merupakan tempat bernapas, jadi napas kangen terhadap keluarga lebih terasa hangat jika melakukan cium Hidung. Jadi jangan heran kalau Sobat berkunjung ke Nusa Tenggara Timur dan bertemu orang Sabu, Hidung kalian akan dicium.

Uniknya lagi, Orang Sabu rata-rata memiliki hidung yang mancung. Lalu bagaimana jika ingin mencium Hidung Orang yang pesek? Terpaksa yang Hidung Mancung harus kreatif untuk mencium hidung yang pesek.

Nah, bagi gadis-gadis ABG, kebayangkan dicium sama om-om berkumis, ataupun Buat Cowok-cowok jika punya saudara Cewek yang cantik? Ataupun ingin mencium hidung orang yang baru saja makan jengkol atau Pete?

Itulah Indonesia, negeri Sejuta Tradisi unik

yuk Cium Hidung Orang di Samping anda setelah baca tulisan ini

Salam, Bangapin.com

Jika Kamu masih ingin mencari artikel lainnya, silakan gunakan fitur pencarian yang ada pada blog ini:



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cium Hidung Yang Menjadi Tradisi"

Post a Comment

=> Silakan Berkomentar Sesuai Artikel yang Dibaca
=> Komentar yang Tidak Sesuai Tidak Akan Dipublish