Sempat Kalah di Partai Final 2013, Siposan Rimbo RAPP akhirnya Juara Pacu Jalur 2014

PoTELUK KUANTAN -  Tahun 2013 lalu, pemacu dan pendukung jalur Siposan Rimbo RAPP dari desa Pauh Angit Pangean tertunduk lesu. Mereka harus memupus impian menjadi jawara pacu jalur ivent nasional di Tepian Narosa Teluk Kuantan. Dibabak final saat itu jalur ini  dikalahkan jalur Untuang Bertuah dari desa danau Baru kecamatan Rengat Barat kabupaten Indragiri Hulu, dan Siposan Rimbo RAPP saat itu hanya berhak menyandang gelar sebagai juara kedua.

Namun tahun ini, Siposan Rimbo dapat membuktikan dirinya sebagai salah satu jalur tercepat di Kuansing. Di partai puncak ajang pacu jalur event nasional di tepian Narosa Teluk Kuantan berhasil mengalahkan jalur Mariam Onggang Parau dari desa Kepala Pulau Baserah Kecamatan Kuantan Hilir dalam babak final segitiga, Minggu ( 24/8/2014 ) sore.

Diundian final segitiga,  Siposan Rimbo RAPP mendapat undian bay atau menang menunggu. Sementara Mariam Onggang Parau dari desa Kepala Pulau Baserah Kuantan Hilir harus terlebih dahulu berpacu dengan jalur Pulau  Laghe Mandulang Untuang dari desa Pulau Madinah juga kecamatan yang sama, dari pacuan ini, Mariam Onggang Parau menang dan kembali menantang jalur Siposan Rimbo RAPP, namun kalah dari Siposan Rimbo.

Dengan hasil ini, Mariam Onggang Parau berada diposisi kedua dan Pulau Laghe Mandulang Untuang RAPP berada diposisi ketiga. Siposan Rimbo  RAPP tidak hanya keluar sebagai juara pertama namun juga membalas kekalahan dari Untuang Bertuah tahun 2013 yang lalu. Sebab dibabak pertama ( sepuluh besar ) hari keempat, Siposan Rimbo berhasil mengalahkan Untung Bertuah. Juara keempat diraih oleh Tapak Godang Sungai Gorakkan setelah dalam perebutan tempat keempat berhasil mengalahkan jalur Duri  Bingkuang Rawang Panjang. Dengan demikian jalur Duri Bingkuang Rawang Panjang berada diposisi kelima.

Tanda-tanda dewi fortuna berpihak kepada Siposan Rimbo RAPP akan juara sudah terlihat dari hasil undian babak semi final. Di babak semifinal terdapat lima jalur yang melaju hasil dari kemenangan dibabak pertama atau sepuluh besar. Dibabak semi final, Siposan Rimbo RAPP mendapat undian bay. Sementara jalur Pulau Laghe Mandulang Untuang RAPP melawan jalur Tapak Godang Sungai Gorakkan dari desa Gunung kecamatan Gunung Toar dan dimenangkan Pulau Laghe Mandulang Untuang RAPP. Sedangkan Mariam Onggang Parau melawan Duri Bingkuang Rawang Panjang dari desa Pulau Kedundung dan dimenangkan Mariam Onggang Parau. Siposan Rimbo , Pulau Laghe Mandulang Untuang dan Mariam Onggang Parau kemudian maju ke babak semi final segitiga, dari hasil undian final segitiga, Siposan Rimbo kembali mendapat undian bay atau menang menunggu sementara Pulau Laghe Mandulang Untuang RAPP berhadapan dengan Mariam Onggang Parau.

Sebelumnya pada putaran pertama ( 10 besar ) Mariam Onggang Parau berhasil menumbangkan jalur Linggarjati J-A RAPP dari desa Pulau Kumpai Pangean. Pulau Laghe Mandulang Untuang RAPP mengalahkan jalur Tuah Kalajengking Muda Indragiri dari desa Danau Baru Rengat Indragiri Hulu. Siposan Rimbo RAPP mengalahkan jalur Untuang Bertuah dari desa Danau Baru Rengat Barat kabupaten Indragiri Hulu. Tapak Godang Sungai Gorakkan mengalahkan jalur Ular Serang dari desa Redang Indragiri Hulu dan jalur Duri Bingkuang Rawang Panjang mengalahkan jalur Seroja Indah Rawang Duri Tobiang Ayie Grup.

Perjuangan Siposan Rimbo RAPP mendapat aplus dan dukungan luar biasa justru saat bertarung dengan jalur Untuang Bertuah di putara pertama, ini merupakan derby dua jalur unggulan tersebut. Seluruh warga Kuansing yang hadir menonton saat itu berharap jalur ini mengalahkan jalur sang jawara tahun 2013 lalu. Ini merupakan partai yang banyak menyedot perhatian penonton saat itu karena terjadi laga jalur papan atas Inhu dan Kuansing.

Tidak hanya warga Kuansing, Bupati Kuansing H Sukarmis juga memberi support kepada pemacu Siposan Rimbo RAPP agar dapat menang melawan Untuang Bertuah, sebab jika Untuang Bertuah unggul, kemungkinan besar jalur tersebut akan meraih juara lagi dan memboyong mahkota juara ke Indragiri Hulu. Dari pertarungan yang keras itu, akhirnya Siposan Rimbo unggul atas Untuang Bertuah dan memupuskan harapan pulik Indragiri Hulu agar dapat tetap eksis sebagai juara di ajang pacu jalur event nasional 2014. Pacu antara kedua jalur ini benar-benar sengit diiringi sorak sorai, dukungan publik Kuansing yang besar kepada Siposan Rimbo RAPP menambah semangat mereka untuk menang walaupun tidak terlalu mutlak.

Untuk juara keenam sampai dengan kesepuluh penentuan juara dilakukan melalui pencabutan undian atas jalur-jalur yang kalah dibabak pertama. Dari hasil undian, uara keenam sampai dengan sepuluh. Dari hasil undian juara enam diraih oleh Seroja Indah Rawang Duri Tobiang Ayie Grup, juara ketujuh Linggarjati J-A RAPP, juara kedelapan Ular Serang, juara kesembilan Untuang Betuah dan juara kesepuluh Tuah Kalajengking Muda Indragiri.

Tidak hanya sampai disitu, panitia pelaksana juga melakukan pencabutan undian untuk urutan kesebelas hingga kesembilan belas. Undian untuk menentukan peringkat sebelas sampai dengan sembilan belas dilakukan terhadap jalur yang kalah pada putaran kedua hari ketiga.

Daftar Juara Pacu Jalur Event Nasional 2014

1. Siposan Rimbo RAPP - Pauh Angit/PGN
2. Meriam Onggang Parau - Kepala Pulau/KH
3. Pulau Laghe Mandulang Untuang - Pulau Madinah/KH
4. Tapak Godang Sungai Gorakan - Pasar Gunung/GT
5. Duri Bingkuang Rawang Panjang - Pulau Kedundung/KT
6. Seroja Indah Rawang Duri - Kampung Tengah/KH
7. Linggar Jati JA RAPP - Pulau Kumpai/PGN
8. Ular Serang - Sei Guntung/INHU
9. Untung Bertuah - Danau Baru Rengat/INHU
10. Tuah Kalajengking Muda Indragiri - Pulau Tengah/INHU
11. Lintah Jalang BPN RI - Petapahan/GT
12. Kalojengking Tigo Jumbalang - Sungai Manau/KM
13. Delimah Indah Permata Kuantan - Saik/KM
14. Arjuna - Seberang Taluk/KT
15. Batu Lompatan Harimau Kompe - Kinali/KM
16. Singa Kuantan - Sei Pinang/HK
17. Toduang Bisa Rimbo Piako - Pabaun Hilir/KM
18. Tuah Koghi Dubalang Ghajo - Pintu Gobang Kari/KT
19. Pendekar Kuniang - Pabaun Hulu/KM

Jika Kamu masih ingin mencari artikel lainnya, silakan gunakan fitur pencarian yang ada pada blog ini:



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sempat Kalah di Partai Final 2013, Siposan Rimbo RAPP akhirnya Juara Pacu Jalur 2014"

Post a Comment

=> Silakan Berkomentar Sesuai Artikel yang Dibaca
=> Komentar yang Tidak Sesuai Tidak Akan Dipublish