Memperbaiki E-KTP yang Bermasalah

E-KTP bermasalah, terutama masalah nama, Tempat Tanggal Lahir, Alamat, dsb. Untuk masalah nama tentu menjadi bahan yang sangat perlu diperhatikan, coba cek Lagi E-KTP anda, cek datanya, sudah benar apa belum, nama yang harusnya huruf Double terkadang tertinggal, soalnya masalah nama yang tidak sesuai antara Akta Kelahiran, Ijazah, dan E-KTP sungguh merepotkan. terutama saat sibuk urus-urus CPNS tahun ini. Contohny aja keluhan di website kemendagri berikut ini, (oya, Kemendagri merupakan yang urus E-KTP ini Loh)

klik gambar untuk memperbesar
Berikut solusinya lengkapnya:
  1. Minta surat pengantar RT/RW untuk ganti Kartu Keluarga dan E-KTP (sebenernya kalo ada kesalahan data biang kerok nya di KK, tapi kalo KK gada masalah ya gak perlu diganti)
  2. Selesai lalu bawa surat pengantar tadi ke Kelurahan jangan lupa bawa Foto Copy AKTA KELAHIRAN/IJAZAH temen-temen yaaaa.....
  3. Setelah sampai di Kelurahan jelasin se-ditel-ditel-nya apa permasalahan yang ada di E-KTP temen-temen (Oia hati-hati dengan pungli, tapi ada peraturan sebenernya gak boleh ada pungli lagi di kantor-kantor pemerintah pelayanan masyarakat, jadi kalo mau ngasih sok mangga, kalo nggak juga gak apa, nah kalo ada yang malak baru masalah hehehe, Lebih amannya kasih aja deh Duit biar kaga ribet....)
  4. Kelurahan akan kasih surat pengantar untuk ke Kecamatan, trusss ke Kecamatan, disini juga ada loket pelayanan, nah temen-temen jelasin lagi apa masalah yang dihadapi temen-temen pada KK/E-KTP-nya
  5. Setelah itu cek kembali data-data sebelum meninggalkan Kecamatan
  6. Setelah OK, langsung deh meluncur ke Dinas Catatan Sipil (Capil) dan Kependudukan,
  7. Di Capil carilah Loket untuk mengurusi KTP dan KK
  8. Jelasin lagi sama pelayan Loket nanti dikasih tanda terima, berupa 1 lembar struk pembayaran untuk KK atas nama Kepala Keluarga dengan harga Rp10.000 dan 1 lembar struk pembayaran KTP atas nama pemohon perubahan data dengan harga Rp25.000 (penggantian/perpanjangan/buat baru karena terlambat) harga-harga ini semua sudah ketetapan pemerintah sih ada pengumumannya juga.
  9. Gak berselang 20 menit dipanggil deh buat Foto KTP baru (agak kaget sih biasanya harus nunggu sejam dua jam tumben ini cepet padahal ruame banget, hihihi...)
  10. Gak lama dipanggil untuk pengambilan KK, bayar diloket tempat pengambilan KK.
  11. 15 menit KTP pun jadi, WOW.... cepettt

sumber
Jika Kamu masih ingin mencari artikel lainnya, silakan gunakan fitur pencarian yang ada pada blog ini:



Subscribe to receive free email updates:

15 Responses to "Memperbaiki E-KTP yang Bermasalah"

  1. E-KTP sy bermasalah pda nama sy, krn tdk sama dengan KK, sy sdah konsultaai ke dishubcapil. tp kt kabid sy hrus mlakukan sidang, sedangkn sidang itu bkln memakan wkt sy, dan sy hnya seorng karyawan tntunya sngt sulit bgi sy. tolong pendapatnya..

    ReplyDelete
  2. Klw udh gtu, lngsung brubah d kemendagri? Apa hrs mnunggu bbrapa lama?
    Tlong jwabannya, trima kasih.

    ReplyDelete
  3. Klw udh gtu, lngsung brubah d kemendagri? Apa hrs mnunggu bbrapa lama?
    Tlong jwabannya, trima kasih.

    ReplyDelete
  4. kalo data data di kartu keluarga benar, di ktp salah semua,,,tetep harus penggantian kk ya?

    ReplyDelete
  5. Ketika saya cek data E-KTP saya secara online.kenapa yg keluar data orang lain.walaupun NIK E-KTP sudah sesuai di KK.

    ReplyDelete
  6. Ketika cek data e ktp secara online,yang ktp suami nama nya bukan nama suami tapi nama saya yang disingkat bagian depannya.nama istri welia fitria anisa.pas cek ktp suami namanya w.fitria anisa.ini gimana gan,kemana harus lapor?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lapor ke dinas pendudukan dan catatan sipil

      Delete
  7. Saya mau tanya, sebenernya kmarin bikin rekening mandiri sama bca itu tidak ada masalah waktu mau cairin bpjs ternyata namanya salah 1 hurus waktu dicek online padahal fisiknya benar, itu harus lapor dimana ya? Bingung deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lapor ke dinas pendudukan dan catatan sipil kakak

      Delete
  8. Min, tanya terkait point ke dua. Akta kelahiran/ ijazah tuh haruskah yang asli atau palsu? Aku bingung terkait masalah E-KTP nih. Disuruh balik ke kampung halaman, padahal masih ada perkuliahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksud palsunya gmn ya mas? Mungkin photocopy-annya ya? Sebaiknya yang asli mas. Kalaupun nggak ada yang asli. Coba aja bawa Photocopy-annya.

      Delete

=> Silakan Berkomentar Sesuai Artikel yang Dibaca
=> Komentar yang Tidak Sesuai Tidak Akan Dipublish