Analisa saya sebagai Orang Awam dalam Debat Capres (Jilid 1)

Acara Debat
Menarik menantikan apa yang terjadi di debat Capres-Cawapres pertama ini. Bertempat di Gedung Balai Sarbini dan dipimpin oleh Moderator Zainal Arifin Mochtar, Direktur Pusat Kajian Anti Korupsi Universitas Gadjah Mada (Pukat UGM) dan mengambil Tema Pembangunan Demokrasi, Pemerintahan yang Bersih, dan Kepastian Hukum. Baiklah saya coba menganalisa satu persatu segmen debat dari 6 segmen yang direncanakan.

1. Segmen Pertama: Penyampain Visi-Misi terkait Tema
Sejujurnya, saya tidak tertarik dengan Visi dan Misi dari masing-masing Pasangan Capres dan Cawapres. yang membuat saya tertarik adalah Jokowi yang tidak memakai baju kotak-kotaknya serta JK yang tidak memakai kemeja putihnya, keduanya kompak dengan Balutan Kemeja Putih, dan dasi Serta dibaluti jas Hitam.
Sedangkan Prabowo dan Hatta konsisten dengan baju kemeja putihnya serta tetap dengan Gambar yang mirip"Garuda" yang sempat menjadi perbincangan publik. Kalau masih tetap dipakai berarti tidak ada masalah.
satu hal lagi yang membuat saya sedikit tertarik adalah soal "Contekan" yang ada di balik Jas Jokowi, Entah itu contekan, atau apalah. tapi menurut info yang saya baca itu merupakan doa yang dititipkan ibunya (sumber)


Contekan yang ada dibalik jas jokowi
2. Segmen Kedua: Pendalaman Visi-Misi
Segmen kedua ini saya masih kurang tertarik.Karena penyampain Visi-Misi bukan disini tempatnya. Namanya Debat, otomatis saling melontarkan pertanyaan antar masing-masing Capres seperti di segmen 4 dan 5 yang akan kita bahas nanti.

3. Segmen Ketiga:
Segmen ketiga moderator menyampaikan masing-masing 2 pertanyaan kepada capres. Pertanyaan pertama tentang bagaimana cara para kandidat mewujudkan pemerintahan yang bersih dan membebaskan diri dari balas budi kepada partai koalisi, Prabowo membuka dengan adagium "tidak ada pengikut yang jelek, yang ada hanya pemimpin-pemimpin yang jelek." sedangkan Jokowi menjelaskan koalisi yang ikhlas,tidak ada bagi-bagi kue.
Pada pertanyaan kedua tentang Bhinneka tunggal Ika. Jokowi JK mengatakan Itu sudah pasti. dengan memberikan bukti tentang pengangkatan Lurah Susan, perdamaian GAM dan Poso. sedangkan untuk Prabowo-Hatta,saya tidak menangkap apapun

4. Segmen Keempat: Ini baru namanya debat
Kedua pasangan saling bertanya dan menangapi. Ini yang saya tunggu. yang pertama Jokowi diberikan pertanyaan oleh Prabowo tentang pemilu langsung atau dipilih DPR untuk penghematan anggaran serta pemekaran daerah. untuk Pemilu langsung saya rasa tidak perlu ditanyakan lagi karena itu sudah menjujung demokrasi, yang harus diperbaiki adalah sistemnya. jawaban jokowi JK malah senada dengan tanggapan dari Hatta,sehingga JK mengucapkan terimakasih kepada Hatta tentang visi yang sama tersebut.
Sedangkan pertanyaan untuk Prabowo, Jokowi mempersilahkan JK untuk bertanya. mungkin karena sudah 3x berada diposisi debat, JK mencatat hal-hal menarik yang diucapkan Prabowo Hatta, dan melontarkan pertanyaan itu,salah satunya tentang Adagium "tidak ada pengikut yang jelek, yang ada hanya pemimpin-pemimpin yang jelek" yang diucapkan Prabowo pada segmen sebelumnya, dan mengaitkan dengan HAM. Prabowo mungkin terdesak sampai-sampai mengatakan "Saya tau arah tujuan pertanyaan saudara". jawabannya terkesan berkelit dengan meminta JK menanyakannya langsung saja kepada atasannya pada waktu ia menjadi tentara.

5. Segmenn 5:
pada segmen ini saya tidak menonton,karena listrik padam

6. Segmen 6: Klarifikasi penutup
di segmen 6 ini, hanya 2 kalimat yang sampai saat ini masih terngiang:
Pembangunan Demokrasi, Pemerintahan yang Bersih, dan Kepastian Hukum Itu Nomor Satu. Presiden itu Nomor Dua - Jokowi
Sang Moderator, Zainal Arifin Mochtar diakhir acara mengatakan
Bagi yang sudah punya gambaran capres,ini saatnya untuk memantapkan, bagi yang belum punya dengan adanya debat ini, bisa membuka mata hati pilihan kita
dan bagi saya, masih harus menunggu 4 Debat lainnya, hingga mantap memilih tanggal 9 Juli 2014. Karena saya yakin dan percaya, seperti yang dituturkan oleh Prabowo saat deklarasi kampanye damai
Semua Capres-Cawapres yang ada merupakan Patriot Bangsa

 print Print This Page
Jika Kamu masih ingin mencari artikel lainnya, silakan gunakan fitur pencarian yang ada pada blog ini:



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Analisa saya sebagai Orang Awam dalam Debat Capres (Jilid 1)"

Post a Comment

=> Silakan Berkomentar Sesuai Artikel yang Dibaca
=> Komentar yang Tidak Sesuai Tidak Akan Dipublish