Nggak Enaknya Jadi Mahasiswa

1. Apa-apa Mesti Usaha Sendiri

Kuliah jelas beda sama sekolah. Kalo sekolah, kan, apa-apa udah dijadwalin. Kita tinggal ngejalanin. Hari ini mata pelajaran apa di kelas mana, semua udah ada yang ngatur. Kuliah beda. Semua-mua ngurus sendiri, mulai dari milih mata kuliah, nyari kelas, sampe bayaran. Apalagi kalo kampus kita jauh dari rumah dan terpaksa ngekos. Jadi dobel "sendiri"-nya. Makan mesti masak sendiri, bersihin kamar sendiri, nyuci baju sendiri. Kalo udah begini, yang paling sengsara itu kaum jomblo. Makin kerasa sendirinya.

  2. Punya Tanggung Jawab Lebih

Kalo udah kuliah, kita dianggap udah dewasa. Makanya tanggung jawab pun lebih gede. Udah nggak bisa lagi ugal-ugalan nggak mikirin apapun kecuali seneng-seneng kayak jaman SMA. Setelah jadi mahasiswa, kita punya tanggung jawab untuk ngasih contoh yang baik ke adek kita (kalo punya adek), �tanggung jawab untuk nyelesein kuliah tepat waktu (biar orangtua seneng), dan yang paling penting tanggung jawab kepada diri sendiri: bisa nggak kita memenuhi harapan orangtua dan diri kita sendiri di masa depan. Sedap!
 
3. Tarif Pelajar Pas Naik Angkot Udah Nggak Berlaku

Kalo pas jaman sekolah naik angkot bisa setengah harga karena itungannya masih pelajar, pas jaman kuliah nggak ada lagi, tuh, yang begituan. Harus bayar dengan tarif normal. Kalo masih ngotot ngaku-ngaku pelajar, siap-siap aja ditendang sama kenek atau supir angkot!

  4. Mikirin Penampilan

Dulu kita nggak perlu mikirin mau pake baju apa ke sekolah. Ya, iyalah kan pake seragam. Setelah jadi mahasiswa, mau nggak mau kita harus mikirin penampilan. Untuk soal ini, cowok mungkin nggak akan sepusing cewek. Tapi tetep aja. Mau tampil cuek dan alakadarnya juga berisiko. Kalo nggak mikirin penampilan ntar nggak dapet-dapet pacar. Serba salah! Pusing, kan, jadi mahasiswa? Soal penampilan aja bisa bikin stres. Buat yang udah punya pacar, sih, santai. Lah, yg jomblo gimana?

 Kamu punya pengalaman seputar nggak enaknya jadi mahasiswa? Boleh, lho, di-share.
Sumber print Print This Page
Jika Kamu masih ingin mencari artikel lainnya, silakan gunakan fitur pencarian yang ada pada blog ini:



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nggak Enaknya Jadi Mahasiswa"

Post a Comment

=> Silakan Berkomentar Sesuai Artikel yang Dibaca
=> Komentar yang Tidak Sesuai Tidak Akan Dipublish