Membuat Penomoran Halaman Yang Berbeda Pada Microsoft Office Word

Pernahkah Anda melihat sebuah dokumen skripsi yang berisikan puluhan halaman namun dengan penomoran yang berbeda antara halaman daftar isi dan halaman bab utama? Saya yakin Anda pernah menemukan hal semacam itu, dan tahukah Anda bahwa kebanyakan dari kita masih memisahkan lembar dokumen daftar isi dan dokumen bab utama agar mudah mengatur penomoran halaman? Biasanya untuk bab daftar isi kita memakai huruf romawi dan untuk bab utama menggunakan angka, bahkan termasuk saya ketika belum mengetahui bahwa ternyata ada satu trik mudah untuk membuat nomor halaman dengan format berbeda di dalam satu dokumen.
Membuat penomoran pada MS Word dengan Mudah

Menggunakan cara lama dengan memisahkan daftar isi dan bab utama menjadi dua dokumen memang masih banyak digunakan oleh orang sebagai solusi, tetapi dengan memisahkan dokumen, akan ada masalah yang timbul di saat kita hendak melakukan pemeriksaan antara kedua dokumen, selain lebih lama juga membuat mata Anda cenderung lebih cepat lelah, karena harus mencocokkan halaman daftar isi dengan halaman yang sebenarnya pada bab utama dari satu jendela Windows ke jendela Windows lainnya. Namun dengan trik ini, Anda dapat menyatukan kedua dokumen tersebut untuk kerja yang lebih cepat dan efektif tanpa menggunakan aplikasi apapun.
  • Pertama tentu saja satukan bab daftar isi dan bab utama Anda. Arahkan kursor dan klik mouse di halaman paling atas dari daftar isi Anda, kemudian pilih menu Page Layout dan pilih menu Break dan pilih lagi Next Page. Secara otomasi kursor mouse Anda akan dibawa ke halaman berikutnya, jangan hiraukan, kembalikan kursor ke halaman 1.
Pilih layout dari penomoran
  • Oke , kembalikan kursor ke halaman 1 ya. Kemudian pilih menu Insert dan klik Page Number kemudian klik Format Page Numbers, lihat gambar di bawah ini untuk petunjuk langkah yang lebih jelas.
Langkah penomoran berbeda pada MS Word
  • Sistem akan memunculkan jendela baru guna mengatur format penomoran seperti di dalam gambar di bawah ini, pada Number Format Anda pilih huruf romawi kemudian klik OK, di halaman dokumen tidak akan terjadi apapun, penomoran tidak akan muncul sampai Anda lakukan langkah selanjutnya.
Memilih tipe nomor yang akan digunakan pada Word
  • Kembalikan kursor di halaman pertama kemudian klik kembali Insert, klik Page Number dan arahkan kursor ke salah satu menu posisi penomoran, jika anda ingin nomor berada di atas maka arahkan kursor ke Top of Page, nanti akan muncul pilihan posisi lebih lanjut, apakah atas kanan, kiri atau atas tengah. Jika Anda menginginkan penomoran berada di bawah silahkan arahkan kursor ke Bottom of Page, pada kasus ini saya memilih Top of Page dan posisi atas kiri.
Memberikan perbedaan tipe nomor pada setiap halaman
  • Nah setelah Anda pilih posisi penomoran, baru nomor halaman akan muncul di dalam dokumen. Tapi pekerjaan kita belum selesai, sampai di sini penomoran masih kacau, pada halaman pertama penomoran yang terlihat adalah angka romawi (i) dan pada halaman dua adalah angka (2).
Contoh tahapan penomoran pada Word
  • Anda klik kursor tepat di halaman kedua dan klik Insert dan pilih Page Number, lalu klik Format Page Numbers dan pada page numbering Anda klik Start at, isi dengan angka 1 dan klik OK. Maka perubahan baru dapat terlihat, di halaman dua yang tadinya bernomorkan (2) kini berubah menjadi (1), betul? Oke jika betul maka langkah Anda sudah benar.
Penomoran yang baik dan benar pada Word
  • Lalu bagaimana untuk nomor selanjutnya, mudah! Yang perlu Anda lakukan hanya melakukan enter seperti biasa, jika anda enter dari halaman satu atau nomor (i) maka halaman baru yang muncul akan otomatis bernomorkan (ii) begitu seterusnya. Dan apabila anda lakukan enter di halaman kedua tadi yang bernomorkan (1) maka otomatis akan muncul halaman baru dengan nomor selanjutnya 2, 3, 4 dan seterusnya. Di bawah ini saya berikan 2 gambar hasil test run yang saya lakukan.
Download Tutorial Di Sini

Jika Kamu masih ingin mencari artikel lainnya, silakan gunakan fitur pencarian yang ada pada blog ini:



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membuat Penomoran Halaman Yang Berbeda Pada Microsoft Office Word"

Post a Comment

=> Silakan Berkomentar Sesuai Artikel yang Dibaca
=> Komentar yang Tidak Sesuai Tidak Akan Dipublish