Tips Menghentikan Messi Ala Mourinho (Part 1)

Setelah gua posting 10 cara menghentikan messi, maka kali ini gua akan posting beberapa cara yang dilakukan untuk menghentikan Messi Ala Mourinho

Hampir semua pemain bertahan terhebat di dunia mengamini, bahwa penyerang yang paling sulit dihentikan pergerakannya adalah Lionel Messi, sesulit nangkep belut sawah pas ujan-ujan. Untuk menghentikan pergerakannya, minimal perlu dua atau lebih pemain yang ditugaskan khusus untuk menjaga dia. Namun cara ini sangat tidak efektif, karena dengan begitu akan membuka ruang yang lebih leluasa bagi pemain yang lain.

1. Special Man Marking
Jose Mourinho memang bukan pelatih favorit semua orang. Namun ia sukses melakukan double-marking kepada Arjen Robben di final Liga Champions 2010. Ia menginstruksikan dengan tegas kepada anak asuhnya untuk tidak pernah membiarkan Robben melakukan tusukan dari sisi sayap. Jika sampai terlepas, kaki kiri Robben yang mematikan bi

Hal yang kurang lebih sama ia tunjukkan ketika masih di semifinal. Ia menjadi pelatih yang sukses membuat Messi tak bisa bergerak dengan bebas. Strategi ultra defensif Inter melawan barca memang jebol dua kali, namun pelakunya adalah Pedro Rodriguez dan Gerard Pique, bukan Messi. Mou memakai semua cara yang bisa ia pikirkan untuk menghentikan Messi dengan skuad Inter yang dimilikinya.
sa melumpuhkan bahkan kiper terbaik sekalipun.

2. Jauhkan Messi Dari Bola
Pada intinya, Mou melakukan dua hal untuk menghentikan Messi:
  • Menempatkan marking segitiga yang khusus bertugas menjaga Messi. Mereka beroperasi di depan empat bek dan berkewajiban sepenuhnya menutup ruang gerak dan ruang umpan Messi ke depan.
  • Bermain bola panjang dan cepat, terutama di San Siro. Semakin jauh bola dari Messi, semakin baik bagi Inter. Para pemain mereka setidaknya merasa lebih aman.

Taktik ini terbukti sukses dan pergerakan Messi, baik dengan bola maupun tanpa bola tak pernah bisa memberi ancaman berarti. Messi bahkan terlihat frustasi karena rapatnya pertahanan dan penjagaan terhadap dirinya.

3. Tekel Beruntun
Beranjak ke arah yang lebih spesifik, Mou juga cermat dalam menghentikan Messi ketika sudah mendapat bola. Messi tak bisa leluasa mengolah bola seperti biasanya karena ada tiga pemain yang akan melakukan tekel-tekel cepat secara bergantian.

Biasanya, Messi akan dengan mudah melakukan slalom melewati beberapa bek lawan. Ia bisa menghindari tekel demi tekel, namun tidak jika ada tiga tekel yang datang nyaris bersamaan.

Messi yang punya feeling bola super pun tak akan berdaya jika ada enam kaki yang meluncur menuju bola di kakinya.

4. Jeli Melihat Cara Bermain Messi
Ciri khas Messi ketika mendapat pengawalan khusus adalah bergerak ke belakang, biasanya hingga garis tengah lapangan. Ia kemudian hanya terlihat mengoper bola kesana-kemari tanpa tujuan.

Namun yang sering tidak disadari lawan adalah Messi sebenarnya bergerak pelan-pelan ke depan. Ia seolah berjalan santai menuju gawang lawan sembari menerima dan mengembalikan umpan kepada rekan-rekannya.

Saat sudah merasa mendapat ruang dan cukup dekat untuk bermanuver, Messi mulai mengeluarkan keahliannya; melewati pemain dan melepas tendangan pada saat yang tepat. Biasanya berbuah gol.

Mou menyadari hal ini dan menyiapkan taktik untuk menangkalnya.

Lanjut ke Bagian 2

Jika Kamu masih ingin mencari artikel lainnya, silakan gunakan fitur pencarian yang ada pada blog ini:



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menghentikan Messi Ala Mourinho (Part 1)"

Post a Comment

=> Silakan Berkomentar Sesuai Artikel yang Dibaca
=> Komentar yang Tidak Sesuai Tidak Akan Dipublish