Tipe-Tipe Kesombongan

Ternyata hal yang membedakan kesombongan itu bukanlah orangnya, tapi kesombongannya itu sendiri. Yak, setelah melakukan penelitian lebih lanjut, kami menemukan kalo ternyata kesombongan itu ada jenis-jenisnya. Yuk mari kita bahas.

Pongah
Kalo pongah itu sombongnya besar kepala gitu. Ini orang-orang yang suka pamer tentang keberhasilan-keberhasilan mereka gitu di tempat-tempat yang kurang pas. Misalnya di social media. Padahal sih sebenernya kerjaannya dia itu biasa aja, tapi dianya aja yang kesenengan dan ngerasa semua orang musti tau.

Contohnya, ada temen kamu ngetwit heboh bener, abis dipuji sama bosnya. Padahal sebenernya dia cuma bantuin bosnya yang gaptek buat bikin email. Itu pun nyontek dari google tutorialnya.

Congkak
Congkak itu tipe sombong yang ngerasa paling tau gitu. Orang-orang congkak paling gak bisa dibilang salah, walapun sebenernya salah. Misalnya kamu debat sama orang congkak nih, dia bakal mati-matian bilang kalo dia yang bener, walaupun ditengah-tengah perdebatan dia sadar kalo dia itu salah.

Selain itu, orang-orang congkak paling gampang ditemuin di sekolah ato kampus sih. Mereka orang yang kalo guru nanya 1+1 berapa, dia gak cuma jawab 2, tapi dia bakal jawab tentang filosofi dibalik kenapa 1+1 = 2 dan gimana sejarahnya 1+1 = 2.

Jumawa

    “Oh gini doang?”

Itu tuh kata-kata favorit orang yang suka Jumawa. Mereka ini suka ngeremehin segala macam hal.

Orang-orang jumawa ini sebenernya tipe-tipe fighter dan punya pikiran terbuka. Mereka seneng belajar hal-hal baru, dan mereka akan berusaha keras biar bisa jago dalam hal baru itu. Tapi tujuannya sih gak bagus. Mereka pengen jago supaya bisa ngomong kata-kata favoritnya.

Angkuh
Ini tipe sombong yang ngerasa dirinya diatas segalanya. Mereka cuma mau makan makanan terbaik, naik kendaraan terbaik, berteman sama orang-orang terbaik. Pokoknya mereka mikirin level banget deh.

Kalo kamu kenal orang yang kalo disapa suka gak mau bales, ato gak mau diajak makan di kaki lima, ato gak mau pergi kecuali dijemput naek mobil mahal, itu berarti angkuh tuh.

Snob
Snob ini masih sepupuan sama congkak. Dua-duanya ngerasa paling bener. Tapi kalo si congkak kan cuma peduli tentang dirinya, kalo si snob ini kerjaannya ngurusin orang lain. Mereka gak bisa ngeliat kalo ada orang yang salah, pasti bawaannya pengen ngebenerin. Contoh kegiatan snob yang paling umum yaitu adalah Grammar Nazi.

Si Snob ini sebenernya punya niat mulia. Dia ngerasa tau banyak tentang suatu hal, dan dia pengen berbagi pengetahuannya itu. Dan dia sangat peduli sama temen-temennya, gak pengen mereka salah. Tapi ya caranya aja, minta di gaplok.

Yah gitu aja sih. Semoga bisa membantu kamu dalam kehidupan sehari-hari. Kalo mau nambahin atau apa gitu.

Sumber
Jika Kamu masih ingin mencari artikel lainnya, silakan gunakan fitur pencarian yang ada pada blog ini:



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tipe-Tipe Kesombongan"

Post a Comment

=> Silakan Berkomentar Sesuai Artikel yang Dibaca
=> Komentar yang Tidak Sesuai Tidak Akan Dipublish